• Posted by : NisaStar7 Monday 17 June 2019

    Hasil gambar untuk mengenal jaringan komputer

    Mengenal Jarigan Komputer


    Network dalam artian secara harfiah adalah jaringan. Dalam dunia komputer networking berarti menghubungkan antara komputer satu dengan lainnya.
    Jaringan komputer ini dihubungkan dengan perangkat keras atau perangkat lunak. Banyak tujuan yang dapat tercapai dengan adanya jaringan komputer. Salah satunya adalah untuk berbagi sumber daya (resources).

    Beberapa perangkat yang dapat digunakan untuk membangun jaringan komputer:


    Router

    Hasil gambar untuk router adalah
    Pada dasarnya fungsi dari router adalah untuk menghubungkan koneksi antar jaringan yang berbeda. Router membagi dan mendistribusikan alamat ip ke setiap komputer baik secara manual ataupun otomatis (dhcp). Router banyak macamnya,salah satunya router dengan kemampuan koneksi wireless (WLAN).


    Switch

    Hasil gambar untuk switch adalah

    Switch berfungsi untuk membagi jaringan ke beberapa komputer dalam satu jaringan. Jadi komputer dalam satu jaringan dapat saling berhubungan. Adapun HUB yang berfungsi mirip switch tetapi hub memiliki data collision/tabrakan. Setiap port pada switch akan menghafalkan ip address komputer yang menempel pada port switch sedangkan hub tidak bisa.


    Access Point

    Hasil gambar untuk access point adalah

    Access Point berfungsi untuk membagi jaringan terutama internet. Access point menediakan koneksi menggunakan WLAN (Wireless LAN) dan ethernet (kabel utp). Contohnya jika kamu memiliki router internet yang ingin digunakan oleh bersama-sama dirumah, kamu dapat menggunakan access point dan router adalah router bisa meneruskan data ke antar-jaringan komputer.

    Dalam membangun sebuah jaringan kita memerulkan perencanaan jaringan atau yang biasa disebut topologi, diantaranya :


    LAN

    Hasil gambar untuk LAN adalah

    Local Area Network merupakan topologi jaringan dalam skala kecil (local). Jaringan ini disusun atas perangkat-perangkat yang lebih simple. Misalnya menggunakan hub,router dan switch dalam lingkup yang kecil dan berdekatan.


    MAN


    Hasil gambar untuk MAN adalah

    Metropolitan Area Network cakupannya lebih luas dari LAN. Jarak yang dapat diakomodir oleh MAN dapat berupa antarkota. Contohnya yaitu kantor pusat dan kantor cabang yang memiliki sat resources dan terkoneksi dalam satu jaringan


    WAN

    Hasil gambar untuk WAN adalah

    Wide Area Network merupakan topologi jaringan terluas. Jaringan ini menghubungkan antar negara. pastinya dalam menghubungkan jaringan dengan jaringan yang sangat jauh, Dibutuhkan perangkat yang lebih canggih untuk dapat mengakomodir koneksinya. Pada praktiknya mungkin saat ini kamu sedang mengakses WAN. Internet termasuk kedalam kategori topologi ini.


    Sekian dari saya NisaStar7 , Semoga bermanfaat...

    Leave a Reply

    Note: only a member of this blog may post a comment.

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Beauty Cyber Squad - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -